Biak – Menjaga lingkungan menjadi tanggung jawab semua pihak, tak terkecuali yang dilakukan oleh anggota Kodim 1708/BN dan Persit KCK Cab XXI Dim 1708 membuat lubang biopori di lingkungan kodim dan sekitaran kantor Persit sebanyak 100 lubang biopori di Kelurahan Brambaken, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis 26 Mei 2022.

Dalam hal ini Komandan Kodim 1708/BN Letkol Inf J. Daniel P. Manalu, S.H., M.I. Pol, menyampaikan, pembuatan lubang biopori di sekitaran kantor kodim dan kantor persit ini sebagai wujud kepedulian TNI terhadap lingkungan hidup.

“Harapan kami dengan pembuatan biopori ini dapat mempengaruhi dan mengajak masyarakat agar ikut bersama-sama mencintai serta menjaga lingkungan,” kata Letkol Inf J. Daniel P. Manalu, SH., M.I.Pol

Ketua Persit KCK Cab XXI Dim 1708 Ny. Elfin Daniel P. Manalu, juga menyampaikan manfaat dari pembuatan biopori itu dapat membantu dalam peresapan air saat musim penghujan, serta bisa menampung air di waktu musim kemarau.

“Dengan demikian, tumbuhan di sekitar tidak mengalami kekeringan, pada prinsipnya, upaya meningkatkan kepedulian lingkungan harus terus ditingkatkan biopori juga dapat memulihkan kesuburan tanah. Biopori harus diisi sampah organik dan terus dilakukan perawatan secara reguler untuk menjaga kondisi biopori tetap baik dan terus berfungsi” ujarnya.(Pendim 1708/BN)