**PLN melalui anak usahanya ICON+ memastikan jaringan internet andal untuk kelancaran gelaran ETWG dan ETMM**

SENTANINEWS.ID – Jakarta – Tidak hanya sukses menghadirkan pasokan listrik, PLN melalui anak usahanya ICON+ juga berhasil memasok jaringan internet andal bagi penyelenggaraan Energy Transition Ministerial Meeting (ETMM) dan Energy Transition Working Group (ETWG) #3 sebagai rangkaian kegiatan G20.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan, kehadiran intenet yang andal menjadi kebutuhan penting dalam penyelenggaraan rangkaian acara G20, khususnya untuk acara presidensi yang akan berlangsung bulan November mendatang.

“Berbagai sarana dan prasarana sudah kita bangun, namun kalau tidak ada internet yang baik tentu G20 ini tidak bisa berjalan dengan baik. Kita menyiapkan jaringan tulang punggung _broadband._ _Redundancy_-nya kita siapkan jaringan tulang punggung _fiber optic_ serta satelit dan radio link infrastruktur TIK seluruh operator telekomunikasi dan _fiber optic_ disiagakan,” kata Johny.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, layanan internet _broadband_ PLN merupakan bentuk diversifikasi bisnis untuk menghadapi tantangan zaman dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Bisnis layanan internet ini dilakukan dengan memaksimalkan aset yang PLN punya saat ini.

“Kami ingin menunjukkan bahwa bisnis jaringan IT, khususnya internet _broadband_ PLN ini siap untuk memberikan layanan terbaik. Keandalan layanan IT diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada seluruh tamu delegasi,” ucap Darmawan.

Direktur Utama ICON+, Yuddy Setyo Wicaksono, menyatakan dari 3 rangkaian kegiatan ETWG yaitu di Yogyakarta pada 24-25 Maret 2022, di Labuan Bajo 23-24 Juni 2022, dan Bali 31 Agustus – 1 September 2022, serta gelaran ETMM pada 2 September 2022, ICON+ menyiapkan kebutuhan internet di lokasi acara.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian ESDM yang telah memercayakan pemenuhan kebutuhan layanan internetnya kepada kami. Dan kami bersyukur, seluruh kebutuhan tersebut dapat kita penuhi dengan baik,” jelas Yuddy.

ICON+ memiliki jaringan optic kabel bawah laut yang menghubungkan Jawa Bali secara _redundant,_ hal ini memberikan jaminan keandalan layanan jaringan yang disiapkan dalam orde gigabyte dengan konfigurasi lebih dari 70 akses poin di seluruh ruangan  berlangsungnya acara.

“PLN melalui ICON+ siap mendukung kebutuhan internet demi menyukseskan pelaksanaan Presidensi G20,” pungkasnya. (*/Humas PLN)