SENTANINEWS.ID – Manokwari – Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberay sebagai Rumah Besar Masyarakat Adat Papua telah memulai langkah persiapan Sosialisasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Manokwari dan Provinsi Papua Barat.

Hal itu ditandai dengan diselenggarakannya pertemuan awal antara DAP Wilayah III Doberay dengan Polda Papua Barat dan Polres Manokwari di Kantor DAP Wilayah III Doberay Jalan Sungai Ciliwung Sanggeng – Manokwari, Papua Barat, Selasa 12 September 2022.

Dalam pertemua ini, DAP diwakili Koordinator Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yan Christian Warinussy, Ketua Peradilan Adat Ottis Rumaseb serta Bendahara DAP Wilayah III Agus Ayomi. Sedangkan Polda Papua Barat diwakili Wakil Direktur Binmas AKBP Frangky S.Lopulalan, S.I.K dan Polres Manokwari diwakili Kasat Binmas Iptu Arif Fauza.

Dalam pertemuan tersebut telah diperoleh kesepahaman diantara DAP dan Polda Papua Barat serta Polres Manokwari bahwa persoalan Kamtibmas merupakan hal penting yang perlu dijaga dan ditangani secara bersama oleh semua pihak, termasuk DAP sebagai representasi rakyat Papua.

Untuk itu DAP akan menyiapkan sejumlah rencana kerja bersama yang bakal dibahas kembali bersama pihak Polda Papua Barat dan Polres Manokwari. Sehingga nantinya hasil pembahasan tersebut menjadi bagian penting guna merumuskan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU).

“Yang kelak MOU itu akan menjadi pedoman dalam konteks membangun kerjasama untuk membangun suasana kondusif di tengah masyarakat di Manokwari dan Provinsi Papua Barat,” kata Yan Christian Warinussy.(*)