SENTANINEWS.ID – Jayapura – Untuk memperbaiki dan merehabilitasi ekosistem biota laut yang ada di perairan Jayapura yang semakin memprihatinkan, Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung meresmikan spot diving, corral center dan rumpon di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua.

Tepat berada di atas geladak Kapal Angkatan Laut (KAL) Piton milik Satuan Kapal Patroli Lantamal X, prosesi peresmian yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pembukaan selubung papan nama berlangsung penuh suka cita pada Jumat 11 November 2022.

Bersama dengan Pj. Sekda Kota Jayapura Robby Kepas Awi, S.E., M.M., Deputi Kanwil BI Provinsi Papua Dedy Irvanto dan Kepala KSOP Jayapura Agustinus, Komandan Lantamal X menekan tombol sirine dan seketika balon udara mengangkasa sebagai tandai diresmikannya spot wisata bawah air di Kota Jayapura disaksikan para tamu undangan.

Pembuatan spot diving, corral center dan rumpon di Teluk Youtefa atau oleh Danlantamal X lebih senang menyebut Teluk Hamadi bukan tanpa sebab. Berawal dari keprihatinan sebagai pecinta olah raga selam yang melihat ekosisitem terumbu karang yang memprihatinkan di perairan Jayapura, rusak akan ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung selaku Komandan Lantamal X mencoba memberikan sumbangsih untuk memperbaiki ekosistem biota laut.

“Saat ini kita melihat bahwa kondisi terumbu karang di perairan utara Jayapura ini sudah sangat memprihatinkan, ya nyaris terumbu karang sudah tidak ada tersisa di perairan utara Jayapura ini.”, ungkap Danlantamal X didepan tamu undangan dan awak media.

Ia melihat rusaknya terumbu karang ini akibat kurang sadarnya sebagian nelayan akan bahaya mencari ikan dengan menggunakan bom atau dopis yang dapat merusak terumbu karang dan membunuh biota laut.(FB Lantamal X Jayapura)