Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari menyampaikan apresiasi kepada Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia atas dipromosikannya Ibu Berlinda Ursula Mayor, SH, LL.M sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manokwari Kelas I B. Hal itu berdasarkan Tim Promosi dan Mutasi (TPM) dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (Ditjen Badilum) MA.

Dipromosikanya Ibu Berlinda Ursula Mayor yang kini menjadi Wakil Ketua PN.Manokwari Kelas I B merupakan suatu langkah luar biasa karena untuk pertama kalinya ada seorang hakim Perempuan Asli Papua diangkat dan dipercayakan menduduki kursi Ketua Pengadilan Kelas I B di Tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua Barat.

Selaku Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari saya hendak menyampaikan apresiasi khusus kepada Bapak Cahyono R.Adrianto, SH, MH selaku Ketua Pengadilan Negeri Manokwari Kelas I B saat ini, yang telah melantik Ibu Mayor sebagai Wakil Ketua PN.Manokwari Kelas I B sejak tanggal 20 Desember 2021 yang lalu.

Sekaligus kepada Ibu Mayor tentu telah dibina hingga dapat memperoleh promosi sebagai Ketua PN Manokwari Kelas I B yang baru nantinya setelah adanya Surat Keputusan (SK) mutasi dari MA. Dipromosikannya Ibu Hakim Mayor selaku perempuan asli Papua kiranya menjadi perwujudan dari amanat pasal 62 ayat (3) dari UU No.21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus (Otsus) Bagi Provinsi Papua.

Hal mana dimaksudkan agar sejumlah putra putri asli Papua yang memenuhi kualifikasi sebagai hakim dengan jenjang karier seperti Ibu Hakim Mayor juga dapat dipromosikan untuk memimpin sejumlah pengadilan negeri Kelas II di Tanah Papua. Serta pula mereka dapat diberi kesempatan memimpin pengadilan negeri Sorong Kelas I B dan pengadilan negeri Jayapura Kelas I A.

Oleh: Advokat Senior Papua Barat Yan Christian Warinussy