SENTANINEWS.ID – Biak – Membentuk, mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat khususnya dengan pelajar, diperlukan suatu terobosan dalam kegiatan teritorial dengan melakukan kegiatan bersama para pelajar. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pasiter Kodim 1708/BN, Kapten Inf Sutrisno yang memberikan materi wawasan kebangsaan (wasbang) kepada siswa SMA N 2 Biak, Kampung Paray, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Rabu 23 November 2022.

Kapten Inf Sutrisno mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Idiologi Pancasila dan membentuk sikap disiplin dan karakter para siswa sebagai generasi penerus bangsa.

“Materi Wawasan Kebangsaan di sekolah-sekolah sangat penting sekali dengan tujuan agar siswa sebagai generasi penerus bangsa memiliki wawasan kebangsaan yang luas, sehingga memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa, persatuan dan kesatuan serta siap menerima tahta kepemimpinan di masa yang akan datang,” tegas Pasiter.

Ia juga menghimbau kepada pelajar agar tidak boleh terpengaruh dengan hal-hal yang negatif dan harus bisa menjaga persatuan dalam keberagaman sebagaimana Bhineka Tunggal Ika sehingga harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. “Karena tegaknya NKRI terletak dipunggung sekalian semua. Mudah-mudahan nantinya akan muncul pemimpin-pemimpin bangsa,” imbau Pasiter.

Sementara itu, Wakasek SMA N 2 Biak Ibu Diana Dawan S.Pd, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pasiter 1708/BN yang mana telah mengisi materi wawasan kebangsaan kepada pelajar penerus generasi mendatang. “Kami berharap semoga kegiatan ini bisa terus berjalan agar generasi muda penerus bangsa bisa mempunyai mental dan kepribadian yang baik untuk menyongsong masa depannya,” katanya.(Pendim 1708/BN)