SENTANINEWS.ID – Biak – Kodim 1708/BN menggelar program bakti kemandirian masyarakat tahun 2022 berupa sosialisasi dari dinas Koperasi dan UMKM tentang usaha mikro dan pengembangan usaha perikanan. Kegiatan ini digelar di Kampung Anggraidi, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis 24 November 2022.

Dalam program bakti kemandirian masyarakat tahun 2022 kali ini mengusung tema, “TNI AD Wujudkan Masyarakat Yang Mandiri dan Sejahtera Untuk Indonesia Tangguh”

Danramil 1708-04/SS Letda Inf Eduard Lewerisa mewakili Komandan Kodim 1708/BN dalam sambutanya mengatakan, salah satu tugas komando kewilayahan yaitu melaksanakan pemberdayaan wilayah di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk dapat membantu meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaan salah satunya dengan menyelenggarakan program bakti kemandirian masyarakat.

“Secara umum tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengatasi kesulitan serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga diharapkan akan terwujud kemanunggalan TNI-Rakyat, ujar Danramil.

Sementara itu, Ibu Regina D. Krobo, S. Sos. M. AP dari Dinas Koperasi dan UMKM dalam pemberian materinya menyampaikan, UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah sedang diminati banyak masyarakat di Indonesia.

“Menentukan produk dalam bisnis UMKM adalah langkah yang paling utama sebelum bisnis berjalan. Produk yang anda jual haruslah sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh semua konsumen,” ujarnya.

“Selain itu, dari segi kualitas, produk yang akan dijual haruslah memiliki kualitas yang bisa bersaing dengan produk yang sudah ada, kalau perlu bisa sekelas dengan produk yang dijual dengan standar pasar global,” sambungnya.

Dalam kegiatan ini, hadir juga Kepala Distrik Biak Kota Bapak Marten Kafiar, Desener Ongge Kasi Sarana dan Prasarana Perkanan Tangkap dari Dinas Perikanan, tokoh adat, tokoh agama serta masyarakat penerima sosialisasi.(Pendim 1708/BN)