SENTANINEWS.ID – Oridek – Babinsa Posramil 1708-01/Biak Timur Serda Nahor Awete ikut ambil bagian dalam kegiatan penanaman pohon mangrove yang diselenggarakan oleh Swiss Bell Hotel Cenderawasih Biak di pesisir Pantai Kampung Kakur, Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis 08 Desember 2022.

Dalam penanaman ini, nampak hadir Kapolsek Biak Timur Iptu Pitrisan, Manager Swiss Bell Hotell Cenderawasih Biak Dheni Wardhana mewakili Direktur PT. Teluk Cenderawasih Biak Susanto Pirono, Staf dan karyawan Swiss Bell Hotel Cendrawasih Biak, Kepala Kampung Kakur, Kepala Kampung Animi, dan masyarakat Kampung Kakur.

Kegiatan penanaman pohon Mangrove yang diselenggarakan oleh Swiss Bell Hotel bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Biak tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan program pembinaan lingkungan hidup serta pelestarian ekosistem laut.

Pada momentum ini, Serda Nahor Awete menyampaikan penanaman bibit pohon mangrove ini sangat baik untuk penyerap polutan, pencegah erupsi air laut, penyimpan karbon juga untuk pelestarian aneka biota laut.

Menurutnya, hutan mangrove juga berfungsi untuk pelestarian keanekaragaman hayati dan menjadi sumber penghidupan berbagai macam jenis binatang laut seperti ikan, kepiting, dan lainnya sehingga sangat penting untuk menyokong kehidupan masyarakat serta sumber oksigen bagi manusia.

“Oleh karena itu, marilah bersama- sama menjaga dan merawat tanaman mangrove yang kita tanam ini, agar mangrove dapat tumbuh dan berkembang di pesisir pantai sehingga dapat membantu dalam melestarikan dan menghijaukan hutan bakau karena manfaatnya dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat, “himbau Serda Nahor Awete kepada warga.(Pendim 1708/BN)