SENTANINEWS.ID – Biak – Kodim 1708/BN menggelar Nonton Bareng (Nobar) Pegelaran Wayang Orang dengan Judul “Pandawa Boyong” yang di perankan oleh Panglima TNI, Kapolri dan para kepala Staf TNI yang berlangsung di depan Koperasi Korem 173/PVB Jalan Ian Momoribo, Kelurahan Brambaken, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Senin 16 Januari 2023.

Kegiatan Nobar yang di ikuti oleh Kasrem 173/PVB para Kasi Korem 173/PVB, Personel Korem 173/PVB dan Kodim 1708/BN dan 6 Koramil jajarannya merupakan perintah dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M, untuk menyaksikan pegelaran wayang orang “Pandawa Boyong” melalui Live Streaming dalam rangka Hari Dharma Samudera 15 Januari 2023.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M, dalam pagelaran wayang orang “Pandawa Boyong” memerankan sosok Bima Sena, Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, M.Si, memerankan tokoh Prabu Puntadewa, KSAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. memerankan sosok Batara Guru, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., memerankan Batara Baruna, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., memerankan Eyang Abiyasa.

Pagelaran wayang orang dengan judul Pandawa Boyong sendiri bercerita tentang perjuangan Pandawa dalam merebut kembali kerajaan Hastina Pura yang dikuasai oleh Kurawa.

Pagelaran Wayang Orang ini merupakan salah satu upaya TNI dalam pelestarian budaya nusantara, untuk mengembangkan dan melestarikan Wayang orang yang merupakan warisan leluhur tersebut agar kesenian dan budaya tersebut tidak hilang atau musnah di telan zaman.

Ini merupakan Komitmen antara TNI-Polri untuk menunjukkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri. Tidak hanya soal urusan menjaga kondusivitas Indonesia, keduanya juga kompak melestarikan kesenian tradisional dengan main wayang orang bersama.(Pendim 1708/BN)