SENTANINEWS.ID – Unicef bersama tenaga kesehatan Kampung Menawi Kabupaten Yapen menerapkan Penggunaan Program My Village My Home (MVMH) atau Kampungku Rumahku.

Tujuannya untuk mencatat seluruh data dan tanggal imunisasi anak (sekitar 200 anak kampung Menawi) Dari daftar tersebut akan terdekteksi berapa anak yang belum lengkap imunisasinya.

Kampungku Rumahku dipasang di tempat yang mudah dilihat oleh masyarakat guna mendorong masyarakat saling mengingatkan satu sama lain, agar anak mendapat haknya untuk imunisasi meskipun waktu imunisasinya sudah terlewat.

Program ini di nilai memudahkan oleh para ibu dan perangkat desa.
penempatan program Kampungku Rumahku bisa saja di tempat Posyandu, Balai kampung, Sekolah seperti PAUD, Kamis (26/1/2023).

Kepala Kampung Menawi Kabupaten Kepulauan Yapen, Demianus Waromi, pihaknya berterimakasih kepada pencetus program Kampungku Rumahku membantu menjaga generasi selanjutnya Kampung Menawi tetap sehat.

“Awalnya saya tidak tau, kemudian ikut sosialisasi di Puskesmas, saya tanya petugas ini untuk apa? banyak ibu-ibu yang tidak bawa anaknya untuk imunisasi, sampai di pasang kolom ini, ternyata fungsinya untuk begitu, kami berterimakasih terutama petugas yang bertugas di kampung kami, membantu kami, generasi kami, 2023 petugas datang ke rumah -rumah tanyakan kepada ibu-ibu kalau bisa semua lengkap,”ucapnya.

Orang tua Anak di Kampung Menawi, Adolina Samber, mengatakan melalui Kampungku Rumahku, bisa melihat anaknya sudah mendapat imunisasi lengkap.

“Melalui kampungku rumahku mengetahui bahwa anak saya belum lengkap imunisasinya, saya bersyukur melalui kampungku rumahku, anak saya mendapat imunisasi lengkap,”katanya(Musa)