JAYAPURA – Dengan terpilihnya Sinut Busup menjadi Ketua DPW PAN Papua di Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswillub) DPW PAN Papua, kini Partai Amanat Nasional Papua memiliki pemimpin baru pengganti Alm. Abock Busup.

Anggota Komisi V DPR RI yang juga Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KKPW) Papua Mesakh Mirin mengucapkan selamat kepada Sinut Busup yang terpilih menjadi Ketua DPW PAN Papua.

“Sekarang DPW PAN Papua sudah memiliki ketua definitive, mari merapatkan barisan untuk memenangkan PAN di Papua,” katanya saat dihubungi via ponselnya, Jumat malam (04/03).

Ia mengajak DPD-DPD untuk bersatu bekerjasama membesarkan PAN di Papua.

“Yang harus segera dilakukan persiapan verifikasi factual partai, dan konsolidasi partai,” katanya.

Terkait rumor jika di Yahukimo akan dikuasai satu partai, Mesakh mengatakan, Yahukimo itu luas dan banyak suku, masing-masing suku punya pilihah, jadi rumor tersebut tidak benar.

“Ada yang mengatakan suku Kimyal tidak punya suara, tapi kami punya basis, dan tetap satu kursi untuk DPR RI di wilayah Yahukimo kami amankan,” tegasnya.

Diakuinya, beberapa suku di Yahukimo terutama dari suku Kimyal, Unak ukam, Momuna, Yali, Yalkim (Yalik Kimyal), Ngalik, Meck basis PAN masih ada, jadi tidak mungkin ambil dari yang lain, satu kursi DPR Papua itu bisa.

Ia juga mohon kepada DPD-DPD se Papua agar menangkan kursi sebanyak-banyaknya agar bisa mewujudkan mimpi DPD- DPD yang selama ini dikumandangkan, kalau jumlah kursinya tidak banyak bagaimana mau mencalonkan gubernur. (MIA)