SENTANI – Guna memperingati Hari Air Sedunia yang akan diperingati pada 22 Maret 2021, PDAM Jayapura menggelar aksi bersih-bersih sumber air di Pos 7, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, Entis Sutisna mengaku program peduli sumber air sejalan dengan tema dunia memperingati Hari Air Sedunia dalam menghargai air.

“Kegiatan hari ini, PDAM Jayapura melakukan pembersihan sumber air yang ada di aliran sungai Pos 7 Sentani, bersama-sama dengan komunitas pemuda Kampung Sereh,” katanya.

Ia bahkan menyatakan akan melibatkan pemuda Kampung Sereh dalam kegiatan pemeliharaan sumber air untuk memastikan dan menjaga keberlangsungan pasokan air untuk warga dan alam sekitar.

“Dalam situasi saat ini adanya penurunan kapasitas sumber air yang ada, dari analisis yang ada dari Dinas Kehutanan, penurunan daya produksi sumber air ini karena dampak berkurangnya daya dukung lingkungan dimana masyarakat melakukan aktivitas-aktivitas yang tidak terkendali di kawasan Cagar Alam Pegunungan cycloop,” katanya.

Hal ini jika dibiarkan atau tidak ada pemeliharaan bahkan penindakan terhadap pengerusakan yang dilakukan di lingkungan Cagar Alam Pegununga Cycloop, maka suatu saat bisa terjadi krisis sumber air dan bencana alam.

“Dengan adanya hari air sedunia ini, kita ingin mengerakkan semua stakeholder atau pemangku kepentingan mulai dari PDAM Jayapura, pemerintah dan masyarakat mari kita sama-sama turun ke lapangan untuk melakukan perbaikan dan perawatan lingkungan kawasan Cycloop,” ajaknya.

Entis berharap dengan adanya kegiatan tersebut, pasokan air di gunung Cycloop tetap terjaga dengan baik.

Sementara itu, Asisten II Bidang Pemerintahan Kabupaten Jayapura Edi Susanto mengatakan pemerintah mendukung dan menjaga kelestarian air bahkan telah menerbitkan Perda tentang Cagar Alam Pegunungan Cycloop.

“Dimana bila terjadi pengerusakan bisa ditindak lanjuti oleh pemerintah setempat dan pihak kepolisian,” katanya. (Golan)