Jayapura – Kementerian Sosial melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura membuka pelatihan komputer untuk anak-anak Papua.

Pelatihan itu dibuka langsung Tenaga Ahli Menteri Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial, Benhur Tomi Mano di Laboratorium BBPPKS Jayapura pada Selasa, 7 Juni 2022. 

Benhur Tomi Mano mengatakan pelatihan ini diberikan agar anak-anak Papua cerdas mengakses computer.

“Program dari ibu menteri supaya anak-anak Papua itu pintar, cerdas,” ujarnya.

Selain itu, Indonesia sedang menghadapi era digital. Karena itu, pelatihan komputer dibuat agar anak-anak Papua bisa menggunakannya dengan baik.

“Untuk itu pesan ibu menteri kepada saya, harus kita buat pelatihan komputer kepada anak-anak Papua. Supaya bisa akses komputer dengan baik,” katanya.

Adapun sarana prasarana pelatihan tersebut, tersedia 15 unit komputer untuk digunakan para peserta meliputu siswa SD, SMP dan SMA.

Dalam pelatihan tersebut, BBPPKS Jayapura akan bekerjasama dengan sekolah dari jenjanng SD, SMP, hingga SMA.

Kegiatan dilaksanakan setelah pulang sekolah dan siswa mendapatkan pelatihan sebanyak 12 pertemuan.

Selanjutnya, pelatihan juga akan mengajak anak-anak penyitas bencana banjir sentani yang nantinya akan menghuni rumah dari Bantuan Kementerian Sosial.

Sedangkan untuk materi pelatihan diberkan secara berbeda. Untuk jenjang SD yaitu Pengantar Komputer dan Pemakaian Program Aplikasi, mesin pencari informasi, Media sosial untuk belajar mewaspadai konten negatif, keamanan pengguna anak dan Internalisasi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Kemudian untuk materi untuk jenjang SMP dan SMA yaitu pengenalan dasar komputer, pemanfaatan microsoft office, penggunaan internet secara sehat dan pemanfaatan media sosial.

Diakhir pertemuan semua jenjang akan melakukan ujian untuk melihat tingkat pemahaman dan pengetahuan peserta. (Rafiq)